fbpx
Home ยป Yuk, Kenali Jenis Pintu dan Materialnya untuk Membangun Rumah Idaman

Yuk, Kenali Jenis Pintu dan Materialnya untuk Membangun Rumah Idaman

Sebagai akses keluar masuk penghuni, pintu banyak dibentuk sedemikian rupa agar tampilannya menarik juga nyaman untuk digerakan. Macam-macam pintu rumah yang kini banyak dikembangkan, semakin memberikan banyak opsi bagi Anda yang hendak membangun hunian idaman.

4 Macam Pintu Rumah Paling Banyak Digunakan

Setidaknya ada 4 jenis pintu utama yang paling banyak digunakan dalam desain hunian, baik konsep minimalis hingga konsep mewah. Keempatnya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda, begitu pula dengan rekomendasi pemasangannya. Berikut ulasan singkat keempatnya:

  • Pintu Tunggal Engsel

Jadi, jenis pintu yang paling dominan dipakai bahkan bukan hanya di bangunan rumah, pintu tunggal engsel memberikan banyak kemudahan di instalasi. Pintu engsel cocok dipasang di depan rumah, bahkan untuk mengisi palang pintu di berbagai ruang rumah.

  • Pintu Geser

Ingin pintu yang lebih modern? Anda bisa menggunakan pintu geser di dalam rumah. Pintu ini bisa dipasang untuk ruang kerja atau ruang lainnya menuju tempat yang lebih terbuka. Pemakaian pintu jenis ini menambah kesan eksklusifitas pada ruangan.

  • Pintu Pivot

Beralih ke jenis pintu yang lebih unik, Anda juga bisa mengaplikasikan pintu pivot dengan konsep putar. Pintu ini bisa diputar hingga 360 derajat. Pintu putar ala hotel ini bisa diaplikasikan pada hunian dengan areal yang cukup luas.

  • Pintu Lipat

Terakhir, jenis pintu utama satu ini cocok dipadukan dengan konsep minimalis pada hunian luas. Pintu ini bisa dipasang di bagian belakang menuju pekarangan atau menuju kolam renang. Konsep ini bisa memberikan sentuhan khas pada siapapun yang melihatnya.

5 Macam Material Pintu Rumah

Macam-macam pintu rumah memang banyak jenisnya, apalagi material yang digunakannya. Tidak melulu terkait kusen Anda bisa mengenali 5 macam material pintu rumah yang bisa dipilih salah satunya. Sesuaikan material denga konsep rumah yang sedang dibangun.

1. Material Panel

Pertama ada material kayu utuh, namun kayu yang digunakan merupakan kayu ringan. Terlepas dari bahannya yang ringan ayu yang digunakan justru memiliki ketahanan yang lumayan bagus. Material panel ini cocok digunakan untuk pintu ruang di dalam rumah.

Bila ingin menggunakan material ini Anda diwajibkan untuk selektif memilih, agar terhindar dari kemungkinan penipuan. Jangan ragu untuk bertanya banyak hal kepada penjual terkait bahan, ketahanan hingga cara perawatannya.

2. Material Metal

Material yang tidak kalah banyak digunakan yakni material metal. Sedikit berat, namun pintu jenis ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Metal juga dikenal sebagai pintu anti maling karena sangat sulit untuk dibobol.

Pintu jenis ini banyak digunakan dalam konsep hunian mewah dengan sentuhan metal di sekitar bangunan rumahnya. Karena material yang cukup berat, tidak jarang pengoprasiannya menggunakan sistem remote atau dikendalikan dari jarak jauh.

3. Material Kaca

Selanjutnya ada material kaca yang memberikan kesan elegan sekaligus sederhana. Material ini banyak digunakan pada pintu dalam rumah untuk menghindari pemuaian. Instalasi material ini pun membutuhkan keahlian tertentu.

Namun soal harga, bisa jadi harganya di atas atau di bawah material lain bergantung pada ketahanan kaca. Terlepas dari harganya, peralatan yang diberikan cukup mudah yakni hanya dengan mengelap kaca setiap pagi atau sore hari.

4. Material Fiberglass

Tren penggunaan pintu fiberglass banyak dipasang dalam hunian dengan konsep klasik modern. Dimana desain perpaduan pintu dan jendela ini memberikan kesan hangat dalam sekejap pandangan.

Perpaduan material ini tentunya mengeluarkan modal yang tidak sedikit terlebih untuk pintu depan yang memerlukan kaca kuat anti pemuaian. Pintu jenis ini bisa dipasangkan dengan bentuk dinding berbatu.

5. Material Hollow Core Slab (HCS)

Material terakhir yang digunakan dalam macam-macam pintu untuk rumah yakni material hollow core slab. Material ini dipadukan antara pelat beton tipis dan diberi lapisan kayu pada permukaan luar pintunya.

Walaupun dibuat dari material dasar beton, pintu ini cenderung ringan dan tahan penyok. Untuk pemuaian sendiri, pintu ini dijamin tahan muai hingga tahan korosif. Pintu dengan material ini juga cocok dipasang di bagian depan rumah idaman Anda.

Kini bukan lagi mimpi untuk membangun rumah idaman sendiri. Dengan banyaknya macam pintu rumah yang bisa disesuaikan dengan konsep rumah. Jangan lupa untuk sesuaikan warna pintu agar rumah terlihat lebih menawan.