Tips Merawat Furnitur Rumah Agar Tetap dalam Kondisi Terbaik

Dalam proses pembenahan rumah, furnitur menjadi kata terakhir dari apa yang mungkin Anda dapat pikirkan ketika semua pekerjaan sudah selesai. Singkatnya, furnitur berfungsi untuk melengkapi rumah Anda. Dan tidak hanya itu, furnitur juga hadir untuk menambah kenyamanan yang selalu Anda inginkan. Ada furnitur yang kita butuhkan di saat-saat tertentu. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan terutama ketika kita melihatnya sebagai investasi.

Karena furnitur dianggap sebagai investasi untuk membuat seluruh isi rumah sesuai dengan keinginan, Anda juga harus menjaganya tetap dalam kondisi sempurna. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga atau merawat barang-barang dalam rumah Anda. Dipostingan ini akan dibahas mengenai tips tentang bagaimana menjaga dan merawat furnitur rumah agar tetap dalam kondisi yang baik. Berikut ini adalah tips-tips untuk menjaga furnitur rumah anda tetap dalam kondisi prima dan sempurna sehingga mampu membawa kenyamanan untuk Anda :

Pertahankan furnitur yang Anda butuhkan

Furnitur dalam rumah akan semakin tua dari waktu ke waktu. Kadang-kadang kita mengganti atau menyisihkan furnitur yang sudah tua karena ada model terbaru di pasaran. Tapi kita perlu mempertimbangkan manfaat yang masih dapat kita ambil. Kita tidak perlu menyimpan barang-barang yang memang sudah tidak kita perlukan terutama ketika ruangan rumah Anda terbatas. Sebaiknya Anda hanya menyimpan koleksi furnitur yang benar-benar Anda perlukan. Jika memang terdapat furnitur yang sudah tidak diperlukan, Anda bisa mendaur ulang agar dapat dimanfaatkan kembali.

Pelajari berbagai jenis bahan

Seperti kita ketahui furnitur terbuat dari berbagai bahan yang berbeda-beda. Anda harus familiar dengan masing-masing bahan sehingga Anda memahami bagaimana cara terbaik untuk menangani dan merawatnya dengan hati-hati. Mungkin tidak cukup hanya mengetahui bahan penyusunnya. Beberapa jenis bahan misalnya perak atau kuningan, kaca, akrilik dan beberapa bahan sensitif lain pasti membutuhkan perawatan yang lebih. Periksalah secara berkala setiap furnitur di rumah Anda.

Memahami perbedaan tiap bahan

Furnitur dapat terbuat dari kayu, logam, kaca, kulit, perak atau bahan lainnya. Anda mungkin salah satu orang yang memiliki hobi mengumpulkan furnitur yang terbuat dari bahan-bahan di atas untuk rumah Anda. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu. Anda hanya memerlukan waktu untuk membiasakan diri Anda dengan perbedaan cara menangani tiap bahan. Semua bahan pasti memiliki perbedaan, kapan perlu dibersihkan dan bagaimana menjaganya tetap bersih. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan tempat di mana Anda akan menempatkannya. Jika Anda akan menempatkannya di ruangan yang lembab seperti kamar mandi dan tempat di luar ruangan seperti di beranda/teras, pasti penanganannya berbeda dengan furnitur yang berada di ruang tamu meskipun terbuat dari bahan yang sama.

Pelajari kualitas

Ketika kita berinvestasi untuk membeli barang-barang isi rumah, hal pertama yang harus diingat selain dari harga adalah kualitas. Anda pasti tidak ingin membeli furnitur yang sama setiap bulan, kan? Bila anda yakin sebuah furnitur memiliki kualitas yang baik, Anda dapat membelinya meskipun dengan harga yang agak tinggi. Salah satu cara untuk menjaga furnitur selalu dalam kondisi yang baik adalah dengan memilih furnitur yang berkualitas tinggi.

Jadwal kebersihan

Jagalah furnitur rumah Anda bebas debu. Dengan cara itu, Anda dapat memperpanjang umur penggunaannya. Ketika barang-barang rumah Anda dalam kondisi bersih pasti akan terhindar dari kotoran yang dapat merusak. Karena Anda sudah mengetahui dan memahami jenis bahan furnitur, hal ini dapat menjadi panduan untuk menyusun jadwal seberapa sering Anda pelru membersihkannya. Furnitur kayu akan tampil dalam kondisi terbaik jika Anda membersihkannya mereka setiap hari sehingga bebas dari debu. Jenis furnitur yang terbuat dari anyaman rotan atau bambu membutuhkan kelembaban untuk mencegah retak, maka Anda harus menyemprotnya dengan air beberapa kali dalam setahun. Furnitur dengan bahan kain seperti sofa membutuhkan pemeliharaan khusus dengan membersihkannya degnan vakum cleaner secara teratur.

Bahan pembersih yang tepat

Ada bahan pembersih khusus untuk digunakan untuk membersihkan setiap jenis furnitur. Ada bahan khusus untuk menyemprot furnitur kayu tertentu dengan aroma yang wangi. Ada juga berbagai jenis cairan pembersih kaca, tapi Anda harus memilih bahan yang sehat dan ramah lingkungan. Ada cairan pembersih kaca yang hanya membersihkannya saja, tapi ada juga yang mampu menjaganya dari kotoran.

Tempatkan furnitur kaca di tempat yang aman

Furnitur yang baik pasti ditempatkan di tempat yang sesuai. Dengan demikian, Anda dapat mencegahnya dari yang kerusakan atau benturan tiba-tiba. Bayangkan saja sebuah furnitur kaca ditempatkan di dekat pintu masuk di mana semua orang dan tamu masuk dan keluar. Ini mungkin bukan ide yang baik terutama ketika Anda memiliki anak-anak. Tempatkan furnitur kaca di rak yang lebih tinggi untuk memastikannya dalam keadaan aman.

Sediakan alat perbaikan

Perlengkapan sederhana seperti sekrup, palu dan paku merupakan alat perbaikan yang mungkin harus Anda miliki. Anda harus mengantisipasi masalah dasar furnitur di rumah Anda. Perawatan dan perbaikan furnitur sekaligus akan memperpanjang daya tahannya. Tetapi jika Anda membiarkan kerusakan kecil misalnya sekrup dan paku hilang, semakin lama furnitur rumah Anda akan mudah rusak terutama jika digunakan dalam waktu yang lama.

Furnitur yang tepat di tempat yang tepat

Furnitur berbahan kaca harus diletakkan di tempat yang aman. Tapi, Anda juga perlu memperhatikan jenis bahan yang digunakan untuk furnitur selain kaca. Anda tidak bisa meletakkan sofa dengan kain pelapis di taman atau area luar karena tentu saja akan cepat mengalami kerusakan bila terkena panas dan hujan. Sebaliknya, furnitur yang terbuat dari rotan atau bambu cocok diletakkan di luar ruangan karena memang memiliki kelebihan khusus untuk bertahan dengan cuaca yang ekstrim.

Menjaga furnitur rumah Anda dalam kondisi yang baik merupakan tanggung jawab kita sebagai pemilik rumah. Hal ini berarti bahwa Anda tidak hanya memilih jenis furnitur yang baik, tetapi Anda juga harus memastikan kondisinya dan memahami bagaimana cara merawatnya. Anggap furnitur sebagai barang berharga karena memang sebenarnya memang berharga. Jangan lupa untuk memilih bahan furnitur yang berkualitas tinggi, sehingga akan memudahkan perawatan karena memang memiliki daya tahan yang baik.