fbpx
Home ยป Tips Merancang Desain untuk Ruang Kecil dalam Rumah

Tips Merancang Desain untuk Ruang Kecil dalam Rumah

Jika Anda ingin memiliki gaya dinamis dalam ruang kecil dalam rumah Anda, tips-tips dibawah ini pasti dapat membantu Anda untuk memberikan sedikit gambaran cara-cara yang tepat untuk memaksimalkan rumah kecil. Dengan ruang yang kecil, Anda tidak harus berpikir kecil juga. Ada beberapa cara instan untuk memperbarui sebuah ruang. Misalnya, ganti meja kayu dan ganti dengan meja modern dengan model berlapis kaca. Hal ini akan menambahkan beberapa kilauan dan membuat ruangan rumah Anda terlihat lebih besar.

Efek menipu mata bisa menjadi elemen yang kuat dalam desain yang baik, dan berikut tips untuk mengubah ruang tamu, kamar tidur atau dapur kecil, sempit dan kecil menjadi ruang yang nyaman dan terogranisir dengan baik.

Cermin mampu menciptakan ilusi ruang. Cermin juga dapat meningkatkan jumlah cahaya dalam ruangan karena secara otomatis akan memantulkan cahaya yang mengenainya. Untuk memaksimalkan tips ini, posisi cermin diletakkan berlawanan dengan jendela untuk mengambil keuntungan dari cahaya alami dan memberikan tampilan ruang yang lebih terbuka dan bebas.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk cermin yang mahal, daripada membeli satu cermin besar, lebih baik membeli dua cermin yang lebih kecil dan memasangnya secara berdampingan, bersebelahan, bertumpuk, atau posisi lain untuk membuat gerakan dan bentuk tertentu. Cermin juga bisa diletakkan dibalik rak terbuka dan di atas headboard tempat tidur dan sofa. Bila Anda memiliki ruang kecil, cermin dapat menjadi perkakas yang sangat bermanfaat.

Cahaya Monokromatis

Penggunaan cahaya monokromatis dalam hal ini berarti kita menggunakan sumber cahaya yang memiliki kesamaan dengan bagian-bagian desain interior lainnya. Penggunaan warna cahaya yang sama dengan karpet, tirai dan dinding dapat menyeimbangkan ruang kecil dan menekankan garis dan sudut.

Trik inilah yang akan membuat dinding dan langit-langit tampak lebih datar, menambahkan ilusi yang lebih luas. Anda mungkin sedikit khawatir dengan kombinasi bersama arsitektur dan dekorasi yang sudah ada. Anda tetap dapat menambahkan banyak aksesoris yang Anda inginkan seperti hiasan dinding, dekroasi gantung dan aksesoris lainnya. Sebuah palet warna netral akan membuat Anda lebih mudah untuk menghindari kesan yang terlalu ramai, terlihat berantakan serta komposisi warna yang tidak pas. Jadi, membatasi nuansa monokromatis merupakan cara yang tepat untuk menyatukan semua komposisi penyusun interior ruangan kecil Anda.

Menurunkan Skala Furnitur

Sebuah sofa besar dalam ruang kecil pasti terlihat tidak seimbang, tidak bisa saling menyesuaikan, sehingga ukuran sofa tersebut tampak memenuhi area yang tersedia. Pilihlah sofa yang lebih fleksibel, jangan pilih yang terlalu banyak asesoris, dan yang lebih penting pilih yang ramping. Gunakan meja dan kursi kecil untuk ruang makan. Saat ini sudah banyak desain dekorasi yang lebih portabel, tidak membutuhkan banyak tempat dan penggunaanya yang mudah.

Tips lain adalah memilih lemari kecil yang terlihat sesuai dengan ruangan. Tempatkan menggantung didinding sehingga masih banyak ruang untuk bergerak. Penggunaan meja-meja kecil yang dikombinasikan di ruang tamu juga dapat meningkatkan fleksibilitas ruangan. Anda dapat membuat ruang kecil menjadi lebih elegan dengan memperhatikan skala dalam pilihan furniture. Misalnya, daripada memilih tanaman hias berukuran penuh, pilih varietas kecil atau bonsai sebagai gantinya.

Pilih Dekorasi Multifungsi

Furniture ganda merupakan pilihan yang tepat untuk ruangan kecil. Sebagai contoh, sofa yang dapat diubah bentuknya menjadi tempat tidur, kursi yang sudah menjadi satu dengan meja, dan masih banyak lagi. Perabot multifungsi biasanya memiliki gaya dan fungsionalitas yang menarik, sedikti tersembunyi dan seringkali membuat orang terkejut.

Anda dapat memperluas prinsip ini untuk peralatan didapur Anda, ruang tamu, kamar tidur dan ruangan lainnya. Menghemat ruang yang berharga dengan berinvestasi dalam peralatan yang dapat melakukan beberapa fungsi.

Gunakan Rak Terbuka

Ruang kecil memang dapat terasa nyaman dan benar-benar menarik, tapi satu hal yang masih menjadi masalah adalah tidak adanya cukup tempat penyimpanan. Bila Anda telah menggunakan setiap bagian yang tersedia di lemari Anda, laci dan tempat penyimpanan lain, pertimbangkan untuk menyimpan barang-barang Anda ditempat yang lebih terbuka. Rak terbuka bisa menjadi pilihan, baik rak yang berdiri bebas atau yang digantung di dinding, bisa membuat penyimpanan yang rapi dan memberikan penampilan seperti sebuah galeri sederhana. Anda dapat memanfaatkan berbagai bahan yang ada, misalnya bambu, kayu, rotan, kaca, dan logam dekoratif bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda koleksi kecil, peralatan dan barang-barang tambahan. Anda tidak perlu menunggu hingga membutuhkannya karena Anda dapat menggunakannya untuk memamerkan hiasan dan aksesoris yang cantik.

Rak bisa ditempatkan hampir dimana saja, diatas sofa, disudut ruangan, atau sebagai pengisi dinding yang kosong untuk menciptakan banyak ruang ekstra untuk menyimpan barang-barang Anda. Rak seperti ini pasti sangat bermanfaat dikamar mandi untuk menyimpan peralatan mandi.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan area dari bawah tempat tidur. Barang-barang yang cocok diletakkan disini adalah barang yang jarang digunakan, dan tidak terlalu penting. Jadi, manfaatkanlah setiap sudut rumah Anda agar terlihat lebih leluasa.

Kabar baik untuk Anda yang ingin mendapatkan hunian dengan akad syariah di Bandung dan sekitarnya, bisa mempelajari deskripsi proyek Aulia Java Land.