fbpx
Home ยป Tips Membuat Dapur Rumah Anda Menjadi Bersih dan Rapi

Tips Membuat Dapur Rumah Anda Menjadi Bersih dan Rapi

Dapur adalah bagian penting dari setiap rumah. Di sinilah pemilik rumah menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan makanan untuk keluarga atau menikmati sarapan di pagi hari. Dapur adalah salah satu tempat favorit bagi keluarga dan kerabat atau tamu untuk berkumpul. Dapur tidak hanya diatur berdasarkan pada fungsionalitas, tapi juga suasana nyaman yang menyenangkan. Semakin banyak tips-tips untuk membuat dapur kita agar semakin bersih dan rapi.

Pengaturan dapur berbeda-beda tergantung desain rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips dan gagasan untuk dapur Anda agar semakin baik lagi.

Ketika di dapur, kita tentu memiliki kecenderungan umum ketika bekerja. Misalnya, Anda lebih banyak menghabiskan waktu di area kompor, wastafel dan tempat penyimpanan. Maka, usahakan untuk menempatkan ketiganya diarea yang strategis, cepat dan mudah dijangkau serta tidak ada penghalang di ketiganya. Metode ini sangat membantu saat di dapur karena dapat meminimalisir jarak tempuh yang perlu dilalui agar semakin efektif dan efisien.

Selain itu, Anda memerlukan area pusat yang memiliki banyak fungsi untuk menghubungkan peralatan dapur dan proses yang berhubungan. Sebagai contoh, letakkan bumbu-bumbu didekat kompor sehingga Anda tidak kesulitan saat membutuhkannya sewaktu-waktu. Sabun, deterjen dan peralatan pembersih lainnya lebih baik diletakkan didekat wastafel. Jauhkan tempat sampah dari meja makan atau tempat menghidangkan masakan.

Bila Anda berencana ingin menambah perabotan baru, pikirkan juga kesesuaiannya dengan dapur dan fungsinya. Kulkas hadir dalam berbagai ukuran dan model tergantung pada merek, ada yang besar, tinggi, kecil, rendah, ada yang satu atau dua pintu, pintu bersebelahan, dan lain sebagainya. Sebelum Anda membelinya, sesuaikan dengan dapur Anda, jangan sampai kulkas tersebut tidak berfungsi maksimal karena tidak sesuai dengan arsitektur dapur.

Perabotan dapur yang digantung bisa lebih menghemat tempat karena tidak memakai area lantai, sehingga bisa lebih leluasa.

Selain fungsi, suasana ruang yang rapi dan nyaman akan membuat pemilik rumah lebih bahagia. Semua orang tentu ingin benda-benda di sekitarnya tampak cantik dan menarik. Suasana yang nyaman bisa didapat dari penggunaan warna di dapur, terutama dengan penggunaan warna hangat seperti warna krem, nuansa kuning, coklat kemiri, putih gading, dan hijau zaitun, atau warna lain sesuai keinginan Anda.

Warna terang akan membuat ruangan tampil secara visual lebih besar dan memberikan kesegaran didalamnya. Warna-warni dapat digunakan di dinding, panel depan furnitur, dan dapat dilengkapi dengan nuansa hangat dari dekorasi dan aksesori pelengkap.