Membangun Rumah Aman untuk Daerah yang Rawan Gempa

Berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik aktif utama dunia (Indo-Australia, Pasifik dan Eurasia) sepertinya sudah menjadi takdir bagi masyarakat yang wilayahnya berada diatas daerah rawan bencana untuk hidup bersama dengan potensi bencana geologi. Karena itu menjadi sangat penting dilakukan langkah-langkah mitigasi bencana agar tidak timbul kerugian dan korban jiwa yang besar.

Salah satu dari mitigasi yang terkait dengan bangunan adalah dengan mempertimbangkan struktur hunian tempat tinggal. Ketika gempa bumi terjadi, hal yang menjadi risiko adalah tertimpa benda-benda ataupun atap bangunan. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif saat membangun rumah agar tidak terlalu beresiko terhadap getaran gempa adalah dengan membangun rumah dengan material yang ringan.

Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan rumah yang menggunakan konstruksi tahan gempa yang diciptakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sesuai dengan namanya, rumah ini mengusung konsep instan, sederhana, dan sehat. Dilansir dariĀ balitbang PUPR, risha menggunakan konsep modular, yaitu konsep yang membagi sistem bangunan menjadi modul (bagian-bagian kecil) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Struktur bangunan risha terdiri dari tiga jenis panel yang terbuat dari bahan beton bertulang yang merupakan campuran dari semen, pasir, dan kerikil. Panel-panel ini dihubungkan menggunakan baut yang memungkinkan risha dapat dibongkar pasang (knock down).

Cara mendirikan risha relatif mudah, yakni dengan menyusun dan menyambung panel-panel sesuai dengan ketentuan sehingga membuat struktur bangunan rumah. Teknologi ini membuat risha dapat dibangun dengan cepat, mudah, dan tahan gempa.

Dalam proses pembangunannya, risha tidak memerlukan alat-alat berat seperti pada pembuatan struktur beton pra-cetak umumnya. Hal ini karena berat pada setiap panelnya hanya sekitar 50 kg. Risha juga mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan dengan desain yang sederhana namun kuat terhadap gempa.