fbpx
Home ยป Beragam Ventilasi Rumah yang Sesuai untuk Rumah Minimalis Modern

Beragam Ventilasi Rumah yang Sesuai untuk Rumah Minimalis Modern

Ventilasi disebuah rumah adalah salah satu hal terpenting karena ventilasi inilah yang membuat rumah kita lebih sehat dan nyaman. Ventilasi udara ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah rumah karena ventilasi bertugas mengatur sirkulasi udara, sehingga udara dapat berganti setiap waktu dan menjaga rumah dari kondisi lembab terutama di rumah dengan desain minimalis modern saat ini.

Jika udara yang masuk ke rumah berubah maka dapat dipastikan bahwa oksigen didalam rumah akan lebih segar. Ketika kita merancang ventilasi atau angin-angin jendela di rumah, kita harus terlebih dahulu mempertimbangkan bentuk dan ukuran yang sesuai.

Ventilasi juga menjadi salah satu cara paling praktis dan efektif untuk mendapatkan rumah yang sehat dan green living, bahkan di lingkungan perkotaan melalui ventilasi alami. Ventilasi alami adalah metode yang memungkinkan udara luar yang segar masuk ke dalam rumah tanpa menggunakan alat atau unit pendingin udara dan jenis perangkat yang digerakkan secara mekanis lainnya.

Ventilasi Rumah Minimalis Modern

Istilah lain yang terkait dengan ventilasi alami adalah pendinginan pasif, yang mengacu pada desain yang tidak menggunakan peralatan mekanis yang canggih untuk menghasilkan kondisi nyaman di dalam rumah. Contoh yang baik dan sederhana adalah membuat jendela yang lebar.

Berbagai model ventilasi rumah minimalis sangat umum digunakan. Namun secara umum, ventilasi rumah minimalis berbentuk kotak yang disesuaikan dengan bingkai di jendela dan ventilasi dibuat cukup banyak dengan ukuran kecil. Hal ini dilakukan agar udara tetap bisa mengalir di malam hari sehingga rumah tetap terasa sejuk.

Faktor penting yang juga harus diperhatikan dari model ventilasi rumah minimalis selain penampilan adalah fungsinya. Ada banyak model ventilasi rumah yang baik yang perlu dipertimbangkan, disesuaikan dengan desain rumah.

Jenis Ventilasi Alami Rumah Minimalis Modern

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menentukan jenis ventilasi untuk rumah minimalis modern Anda, terutama untuk rumah yang sedang dalam tahap perencanaan dan pembangunan.

Jendela Tinggi

Memasang jendela yang tingginya paling tidak 100-110 cm untuk memaksimalkan pergerakan udara dalam ruangan dan juga mengurangi suhu panas pada langit-langit. Bukan berarti kita jendela berukuran lebar ini harus dalam satu frame, tapi kita bisa menambahkan teralis sehingga jendela yang lebar tidak tampak seperti lubang pada tembok.

Deflektor Angin dan Udara

Deflektor udara merupakan pemantul angin sehingga bisa kendalikan arahnya. Perangkat ini dapat diposisikan baik secara horizontal atau vertikal untuk mengarahkan aliran udara dan dapat dipasang dengan cara digantung, di dinding atau pada area yang lebih tinggi untuk mengarahkan gerakan udara.

Clerestory

Clerestory merupakan istilah asing yang berupa ventilasi di bagian atas mendekati langit-langit. Clerestory banyak ditemukan di bangunan yang megah dan tinggi seperti gereja, masjid atau gedung pertemua besar. Clerestory tidak hanya memberikan pencahayaan alami, tetapi juga dapat meningkatkan pergerakan udara. Karena udara panas cenderung naik, clerestory dapat bertindak sebagai ventilasi dan ruang untuk akumulasi udara panas.

Arah Ventilasi

Ventilasi termasuk jendela dan angin-angin harus ditempatkan di arah tertentu, umumnya utara dan selatan untuk ventilasi saling-silang yang optimal, kecuali jika posisi ini tidak memungkinkan misalnya pad perumahan yang saling berdempetan. Cara ini mendorong angin alami dan menarik aliran udara segar ke dalam rumah, sedangkan ventilasi lain mengeluarkan udara dari dalam ke luar.

Ruang Terbuka

Ruang terbuka seperti balkon, atrium, teras kantilever dan ruang terbuka lainnya bisa sangat berguna untuk mengatur udara dalam rumah. Memaksimalkan ruang terbuka di rumah kita bisa menjadi pilihan jika kita tidak mungkin menambah ventilasi dan jendela.

Model Ventilasi Kotak Minimalis

Perlu diketahui bahwa model ventilasi rumah tidak selalu harus berupa jendela berukuran besar, saat ini banyak rumah minimalis yang menggunakan balok kayu kecil yang ditempelkan di dinding rumah, sehingga akan terlihat lebih unik. Jenis ventilasi ini biasa disebut dengan loster. Untuk memberi kesan unik, Anda bisa membuat ukiran pada ventilasi seperti ukiran atau motif bunga atau sebagainya. Biasanya ventilasi jenis ini berukuran kecil dan minimalis. Meskipun cukup kecil, memasangnya dalam jumlah besar tentu akan menjadi ventilasi udara yang sempurna.

Model Ventilasi Rumah Atap Terbuka

Model ventilasi rumah jenis ini adalah salah satu model ventilasi yang unik dan belum banyak diaplikasikan. Model ventilasi rumah atap terbuka ini dirancang dengan membuat jendela yang bisa dibuka-tutup. Model ventilasi rumah atap terbuka ini lebih ramah lingkungan dan juga lebih praktis.

Model Ventilasi Rumah Terbuka

Model ventilasi rumah terbuka meminimalisir dinding, salah satu model ventilasi yang bisa menjadi alternatif pilihan. Dengan desain terbuka ini akan membuat masuk dan keluarnya udara ke dalam rumah akan lebih lancar. Anda bisa mendesainnya dengan desain sesuai keinginan, yang tentunya dengan menyesuaikan konsep rumah yang sudah ada. Agar rumah menjadi lebih dingin dan sejuk, arahkan ventilasi terbuka ini ke arah tanaman hijau atau taman di luar rumah.

Keuntungan ventilasi alami ini sangat besar. Biaya bisa turun secara dramatis, kualitas udara ditingkatkan dan bahan kimia akan hilang karena tanpa adanya pendingin udara atau perangkat mekanis lainnya. Secara keseluruhan, menggunakan ventilasi alami dapat memiliki dampak positif yang luar biasa pada penghuninya, rumah dan lingkungan.

Nah, itulah beberapa model ventilasi rumah yang bisa Anda coba. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda yang saat ini bingung dalam memilih model ventilasi rumah yang akan diterapkan pada rumah impian Anda.