8 Tips Tepat Memilih Perumahan Idaman untuk Tempat Tinggal Keluarga

Lingkungan Rumah Kondusif www.auliajavaland.com

Pentingnya Memiliki Rumah Sendiri

Untuk Anda yang sudah dewasa dan sudah memiliki pekerjaan, mencoba untuk hidup mandiri dan belajar untuk tidak bergantung kepada orang tua lagi merupakan langkah lanjutan yang bisa Anda tempuh. Terlebih untuk Anda yang sudah menikah, Anda akan lebih nyaman melakukan aktivitas rumah bersama pasangan Anda di rumah sendiri. Mulai dari membersihkan rumah, mendesain rumah sesuai keinginan Anda, memasak, mencuci pakaian sendiri tanpa bantuan dari orang tua.

Hal diatas menjadi penting karena memiliki rumah sendiri dapat membuat Anda hidup mandiri dan serba bisa karena nantinya Anda akan terlatih melakukan segalanya sendiri tanpa bantuan orang lain terlebih orang tua.

Tips Memilih Perumahan Yang Tepat dan Benar

Untuk Anda yang ingin membeli rumah, hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu salah satunya adalah mengetahui bagaimana tips memilih perumahan yang benar agar Anda nyaman saat menghuni rumah impian Anda tersebut. Dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda simak.

1. Mengumpulkan Info Perumahan Syariah

Anda wajib mengumpulkan info mengenai perumahan-perumahan syariah yang sedang dipasarkan, melalui brosur yang Anda dapatkan atau mencarinya melalui sambungan internet website-website dari developer perumahan syariah disekitar lokasi yang telah Anda pilih dan tentukan untuk menjadi lokasi rumah yang nantinya akan Anda huni.

Pilihlah beberapa perumahan syariah dilokasi sebagai pembanding antara perumahan yang satu dengan yang lainnya. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya lalu sortir menjadi beberapa sesuai standar Anda untuk memudahkan dalam pemilihan.

2. Survei Lokasi

Kemudian setelah Anda mengumpulkan info mengenai perumahan syariah, Anda dapat berkunjung untuk mensurvey lokasi. Anda bisa melihat langsung bagaimana kondisi rumah-rumah dilokasi tersebut yang telah selesai dibangun atau masih dalam proses pembangunan maupun yang masih berupa kavling.

Kunjungi sesuai urutan yang telah Anda sortir dari yang perumahan syariah favorit yang telah Anda pilih beberapa tersebut. Hanya untuk lebih memastikan saja bagaimana kondisi diperumahan tersebut.

3. Memastikan Keamanan Lokasi

Keamanan lokasi dirumah maupun perumahan Anda adalah faktor yang sangat penting untuk kenyamanan Anda beserta keluarga. Pastikan kembali perumahan yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang bagus. Pastikan juga memiliki petugas keamanan atau satpam yang handal dan dilengkapi dengan fasilitas lain seperti CCTV, dan fasilitas penunjang keamanan lainnya.

Karena ada juga beberapa perumahan yang tidak tersedia keamanan ini, walaupun harga yang ditawarkan lebih murah. Tapi dengan adanya fasilitas keamanan Anda akan merasa lebih aman dan nyaman untuk tingga diperumahan tersebut.

4. Memastikan Kenyamanan Akan Kesehatan Lingkungan

Pastikan perumahan yang Anda pilih memiliki kesehatan lingkungan yang bagus agar menambah kenyaman Anda saat tinggal diperumahan tersebut. Seperti mengetahui bagaimana dan dimana tempat pembuangan sampah berada dan bagaimana kondisi saluran air diperumahan tersebut.

5. Mengecek Fasilitas Yang Disediakan

Cek semua fasilitas saran dan prasarana yang disediakan pada perumahan yang Anda pilih, pastikan ada fasilitas yang memudahkan aktivitas Anda. Misalnya tersedianya tempat beribadah seperti masjid, lalu disediakan taman untuk tempat bermain anak-anak, dekat dengan swalayan, halte bus, dan yang lainnya.

Pengembang perumahan yang baik akan menyediakan lahan hijau sebagai taman untuk kenyamanan penghuni perumahan. Mereka tak segan-segan untuk menggunakan jasa taman berkualitas untuk proyek tersebut.

6. Ketahui Harga Rumah Yang Ditawarkan

Ketahui lebih detail perihal harga yang ditawarkan apakah sudah sesuai dengan fasilitas yang Anda dapatkan, kemudian apakah sudah cocok dengan budget Anda. Ada beberapa sistem pembayaran yang ditawarkan, sesuaikan dengan kemampuan Anda masing-masing jangan sampai Anda merasa terbebani ketika membayar biaya rumah tersebut.

7. Memastikan Rumah Memiliki Garansi

Pastikan Anda memilih perumahan yang memiliki garansi kerusakan dirumah yang akan Anda tinggali. Biasanya perumahan akan memberikan garansi 3 bulan untuk memastikan apakah rumah yang Anda tempati memiliki kerusakan tertentu, seperti atap rumah bocor, dindingnya retak, saluran air bermasalah, atau yang lainnya.

8. Mengecek Kelayakan Bangunan

Pastikan bangunan yang akan Anda tempati layak untuk dihuni, maka dari itu survey lokasi diperlukan untuk Anda dapat mengecek langsung kualitas bahan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut.

Demikian beberapa informasi dan tips mengenai memilih perumahan syariah yang tepat agar Anda tidak salah memilih perumahan untuk lingkungan tempat tinggal yang akan Anda huni. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *