8 Panduan Penting dalam Memilih Tempat Tinggal dalam Islam

Rumahku adalah surgaku, begitulah memang seharusnya konsep rumah tinggal buat umat Islam. Rumah memang harus menjadi tempat ternyaman, terdamai, dan menyejukkan bagi penghuninya. Oleh karena itu, hendaknya memilih rumah tidak boleh sembarangan. Didalam agama Islam, ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan dalam memilih rumah.

Agar rumah yang ditempati nantinya dapat membawa keberkahan dan kenyamanan. Lantas, hal apa sajakah yang harus diperhatikan?

1. Tidak Bermegah-megahan

Panduan memilih rumah yang pertama menurut Islam adalah, menghindari sifat bermegah-megahan. Contohnya, memilih rumah layaknya istana dengan segala perhiasan dan keindahan yang sangat mewah. Didalam Al-Qur’an surat At-Takasur ayat 1-8 telah dijelaskan, bahwa seorang Muslim dianjurkan untuk membangun rumah yang sederhana dan secukupnya saja.

2. Lihat dengan Siapa Kamu Akan Bertetangga

Didalam kitab suci Al-Qur’an, perihal rumah dilukiskan dengan dua kata, yakni ‘Bait’, yang berarti tempat tinggal, dan ‘Sakan’, tempat ketenangan. Sebelum memilih rumah, penting sekali untuk mengetahui dengan siapa nantinya kamu akan bertetangga. Sebab, senyaman apa pun rumah, apabila lingkungan sekitar buruk, ketenangan tidak akan dirasakan. Seperti yang kita ketahui, fungsi rumah tidak sekadar sebagai tempat berteduh saja, tapi juga menjadi tempat yang penuh dengan ketenangan.

3. Rumah yang Bisa Menjaga Privasi Penghuninya

Bagian terpenting dari rumah adalah memiliki ruangan yang teratur, hal ini bisa sebagai bentuk melindungi privasi penghuninya. Kita bisa membangun beberapa kamar tidur, dimana satu diantaranya untuk suami & istri serta beberapa yang lain lagi lagi untuk anak. Ruang tamu pun meski memiliki sekat atas batas, sehingga tidak ada celah bagi tamu yang datang untuk melihat keadaan keluarga bagian dalam.

4. Selalu Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman, inilah hal yang mesti kita tanamkan ketika hendak memilih rumah atau saat sudah terbangun. Bagi anggota keluarga yang menjadi penghuni rumah tersebut, harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesuciannya, terutama ruangan untuk menjalankan ibadah. Sebab, dengan hunian yang bersih, akan tercipta kenyamanan dan ketentraman bagi seluruh anggota keluarga, maupun tamu yang datang.

5. Pilih Bangunan yang Menghadap Kiblat

Selain dari segi bentuk, arah bangunan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat memilih rumah. Bagi seorang muslim, sangat dianjurkan untuk membangun rumah menghadap ke arah kiblat, kecuali tempat tertentu seperti WC atau toilet. Sebab, kedua tempat tersebut sangat diharamkan untuk dibangun menghadap kiblat, sebagaimana yang dijelaskan di dalam hadis Sahih Muslim No. 338.

6. Tidak Berisi Patung atau Lukisan

Saat memilih rumah, usahakan rumah tersebut tidak berisi patung maupun lukisan. Sebab, islam sangat tidak menganjurkan kedua barang tersebut berada didalam rumah diantara salah satu sebabnya adalah Malaikat enggan untuk memasuki rumah tersebut. Dengan demikian, rumah ideal dalam islam, seharusnya terbebas dari hiasan-hiasan makhluk hidup. Jika ingin tetap ada hiasan, sebagai gantinya Kita bisa memilih lukisan yang tidak menyerupai makhluk hidup. Bisa berupa pemandangan maupun kaligrafi.

7. Terdapat Pepohonan

Pohon menjadi sumber oksigen utama dimuka bumi. Dengan begitu, keberadaannya disekitar rumah, bisa menjadi nilai positif yang membantu sirkulasi udara menjadi lebih baik. Bahkan, islam pun menganjurkan untuk menanam pohon disekitaran rumahnya untuk mendapatkan suasana asri dan sejuk.

8. Sirkulasi Udara Bagus

Rumah-rumah modern saat ini, dibangun dengan sistem sirkulasi udara yang sangat baik. Ternyata ini juga menjadi salah satu kriteria dalam memilih rumah idaman menurut islam. Sirkulasi udara dan air menjadi aspek yang sangat penting sehingga wajib juga dipertimbangkan saat membangun rumah. Berdasarkan diriwayatkan Abu Hurairah Radliyallaahu‘anhu menyatakan bahwa Rasulullah Shallallaahu‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Janganlah seseorang di antara kamu mandi dalam air yang tergenang (tidak mengalir) ketika dalam keadaan junub.” (HR Muslim).

Itulah beberapa kriteria dan tips dalam memilih rumah menurut islam yang bisa menjadi acuan kita bersama saat akan membangun maupun memilih hunian. Semoga tips tersebut bisa diamalkan dalam memilih hunian idaman yah..