Ingin Anak Tampil Percaya Diri saat Berkompetisi? Simak Beberapa Tips Penting Berikut Ini

Daftar isi

Jika kita menginginkan anak untuk terbiasa berkompetisi, sebetulnya hal ini bisa diajarkan sejak dini. Tapi memang, membiasakan anak untuk bergabung dalam suasana kompetisi bukanlah hal yang mudah. Hal ini umumnya disebabkan karena anak kita masih enggan untuk memperlihatkan kemampuan maksimalnya didepan orang banyak karena belum terbiasa & masalah kepercayaan diri.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Belum Percaya Diri?

Menurut salah satu psikolog anak dan remaja, kepercayaan diri bukanlah hal yang bisa didapat dalam sekejap, harus ada pelatihan khusus, bahkan pelatihan ini harus dimulai jauh-jauh hari sebelum kompetisi dimulai.

Berikut merupakan beberapa trik dalam mengajarkan agar anak lebih percaya diri saat kompetisi, atau saat tampil didepan umum.

Timbulnya rasa tidak percaya diri bisa disebabkan karena anak kita belum menguasai materi yang harus dilombakan. Misalnya, jika Anak kita akan mengikuti lomba menyanyi dan dia merasa belum pede dengan suaranya, bisa jadi hal ini akan membuatnya ragu, hingga kepercayaan dirinya pun hilang.

Untuk mengatasinya, kita sebagai orang tua harus melatih anak kita terus menerus dengan dengan disiplin, hingga dia benar-benar menguasainya.

Berikan Motivasi Tambahan

Tidak hanya sebelum berlomba, kita juga harus terus menyuntikkan motivasi sejak dia masih berlatih. Contohnya, orang tua bisa membakar semangat si Kecil saat berlatih dengan kata-kata “Ayo calon juara, kamu pasti bisa melakukannya. Berlatihlah dengan maksimal”, serta kata-kata penuh motivasi lainnya.

Diakhir sesi latihan, jangan lupa untuk mengungkapkan kekaguman dan rasa bangga kita agar dia makin termotivasi untuk berlatih jadi lebih baik.

Berikan Dukungan Saat Anak Berkompetisi

Jauh-jauh hari sebelum berlomba, kita harus mempersiapkan diri untuk memberikan dukungan kepadanya dengan cara, mengosongkan semua jadwal khusus untuk hari perlombaan. Katakan juga kepada anak kita jika kita dan anggota keluarga lainnya sudah menyiapkan dukungan yang si Kecil butuhkan.

Dengan cara ini, motivasi anak kita akan berlipat ganda dan dia pun merasa lebih percaya diri. Jangan lupa, berikan tepuk tangan dan pelukan sebagai bentuk apresiasi saat si Kecil selesai tampil berkompetisi. Selamat mencoba, semoga percaya diri anak kita akan semakin meningkat.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *