Tips Mempercantik Halaman Rumah dengan Tanaman Hias Bunga dan Tanaman Hias Daun

Daftar isi

Rumah yang kita tempati selain harus didesain dengan konsep yang sesuai, juga harus dihias, ditata dan dibuat semenarik mungkin untuk ditinggali karena dengan hunian yang nyaman dan dibuat dengan konsep yang menarik akan menjadikan pemilik rumah merasa nyaman untuk tinggal didalamnya. Salah satu dari sekian banyak faktor yang menjadikan rumah kita berasa nyaman adalah dengan disediakannya tanaman hias disekeliling rumah.

Secara harfiah, tanaman hias merupakan tumbuhan yang ditanam dan dipelihara manusia karena keindahan bunga atau daunnya. Tanaman hias ini biasanya ditanam didalam lingkungan rumah yang memiliki halaman luas yang bisa digunakan sebagai lahan untuk ditanami berbagai macam ragam tanaman.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika kita memiliki lahan yang sempit, juga bisa ditanami tanaman hias asalkan Anda bisa mengatur tata letaknya.

Untuk lahan yang sempit, penataan dan pengaturannya bisa menggunakan pot sebagai media tanamnya. Pot yang digunakan tidak perlu berukuran besar, bisa terbuat dari gerabah, porselen, plastik, semen ataupun bahan lainnya.

Tanaman hias yang lazim dikoleksi untuk ditanam dalam pot pekarangan rumah ada dua macam yaitu tanaman hias yang menonjolkan bunga sebagai daya tariknya dan tanaman hias daun yang memamerkan daun sebagai kelebihannya.

Berikut penjelasan dan contoh tentang dua jenis tanaman hias penghias halaman rumah tersebut.

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga menjadi jenis tanaman yang disukai manusia karena menghasilkan ragam dan rangkai bunga yang indah. Selain keindahan bunga, wangi bunga yang dihasilkan ketika mekar pun menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa tanaman hias bunga memiliki bunga yang berwarna-warni dalam satu pohon dan ada juga yang memiliki warna bunga yang mencolok pada tanaman hiasnya. Inilah yang menjadikan kelebihan tanaman hias bunga yaitu indah menawan dipandang mata.

Tanaman hias bunga pun mudah dikembangbiakkan, karena pada dasarnya tanaman hias bunga bisa tumbuh baik dan subur disemua wilayah Nusantara. Contoh tanaman hias bunga ini adalah Mawar, Melati dan Anggrek.

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan kelompok tanaman hias yang digemari dan disukai karena memiliki daun dengan bentuk unik dan indah. Suplir, Anthurium daun dan Lidah Buaya merupakan beberapa contoh dari tanaman daun yang digemari dan sering dijadikan sebagai penghias halaman atau pekarangan rumah.

Selain terlihat hijau dan asri, banyaknya tanaman hias dihalaman rumah juga berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan pemiliknya. Semakin banyak tanaman yang tumbuh, semakin baik pula untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Oleh karena itu, meskipun hanya memiliki bentuk rumah sederhana, namun tidak ada salahnya untuk menanam beragam tanaman agar terlihat cantik dan nampak asri serta agar selalu tampil menarik dan nyaman untuk dihuni.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *