Tips Mudah untuk Mengganti Wallpaper Lama dengan Wallpaper Baru Pilihan

Apakah Anda merasa bosan dengan dekorasi ruangan Anda? Kebetulan juga ada yang jual wallpaper murah, jadi ingin mengganti wallpaper baru?

Saat kita memiliki keinginan untuk mengganti wallpaper lama dengan yang baru maka bakal ada pertanyaan wallpaper lama mau dibawa kemana? Dan bagaimana cara untuk melepasnya?

Sebagian orang berfikir bahwa melepas wallpaper merupakan pekerjaan yang sulit, namun sebenarnya pekerjaan ini tidak begitu sulit asalkan Anda mengetahui tips untuk melepas wallpaper lama tersebut.

Jika melepas dengan asal-asalan maka bakal meninggalkan bekas wallpaper atau bekas lem di dinding. Jika hal ini terjadi maka akan kesulitan dalam menempel lem yang baru, dan ada kemungkinan wallpaper yang baru tidak mampu merekat dengan baik.

Nah, untuk itu Anda bisa menyimak beberapa tips dibawah untuk melepas wallpaper dengan baik.

1. Persiapkan Bahan

Siapkan beberapa bahan yang diperlukan saat melepas wallpaper, diantaranya:

  • Cairan sabun cuci piring
  • Cuka
  • Air hangat
  • Botol semprotan

2. Pencampuran Bahan

Beberapa bahan diatas disiapkan untuk membersihkan sisa lem yang melekat pada dinding.

Campurkan cairan sabun cuci piring, cuka dan air hangat. Setelah semua bahan tercampur isilah cairan tersebut kedalam botol semprotan.

3. Mengikis Wallpaper

  • Kikislah wallpaper dengan menggunakan pisau/ cutter.
  • Kikis secara perlahan dengan arah yang searah. Mulailah dari bagian yang paling bawah.
  • Berhati-hatilah saat melepas wallpaper pada bagian sudut.
  • Pastikan semua terkikis dengan baik dan rapi.

4. Membersihkan Sisa Lem

Membersihkan sisa lem merupakan bagian yang paling sulit. Lem yang digunakan adalah lem khusus untuk dinding sehingga akan sedikit kesulitan dalam membersihkannya.

Siapkan larutan yang sudah dibuat sebelumnya untuk membantu melepaskan lem yang melekat di dinding. Semprotkan larutan ke dinding lalu diamkan selama beberapa menit, biarkan larutan meresap ke sisa lem.

Lalu kikislah sisa lem menggunakan Kapi, kikis secara perlahan. Saat mengikis wallpaper mulailah dari bagian yang paling bawah.

5. Membersihkan Sisa Lem

Jika masih terdapat sisa lem yang menempel di dinding, maka semprotkan larutannya sekali lagi ke dinding untuk membersihkan sisa-sisa kotoran bekas lem yang masih menempel pada dinding.

Untuk langkah selanjutnya, silahkan kunjungi toko interior yang menjual wallpaper untuk mendapatkan wallpaper kesukaan Anda karena dinding Anda sudah siap untuk dilapisi wallpaper baru. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *