8 Tips Mendekorasi Ruangan Terbatas di Rumah Idaman

Interior Kamar APH

Daftar isi

Anda pernah merasa bingung untuk menata dan mendekorasi rumah dengan luasan yang terbatas? Jika pernah, maka tips dibawah bisa menjadi tambahan referensi Anda untuk menata ruang yang sempit atau terbatas.

Dalam beberapa kasus, rumah dengan luasan yang terbatas atau sempit acapkali membuat kita sulit dalam menatanya. Padahal sebenarnya untuk mendekorasi rumah dengan luasan terbatas, kita hanya butuh ide, tips dan cara-cara sederhana untuk mendekorasinya,

Dengan ide sederhana tersebut, kita bisa menyulap hunian atau tempat tinggal yang sempit menjadi lebih berwarna, indah serta nyaman.

Berikut kami sajikan langkah-langkah yang bisa Anda simak untuk mendekorasi dan menata ruangan terbatas:

1. Batasi furnitur di ruangan.

Cobalah tempatkan furnitur berukuran kecil, misalnya pilih kursi yang ukurannya lebih kecil dari sofa. Hal ini karena furnitur berukuran besar bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil.

2. Hindari furnitur dengan pola yang berani.

Pastikan furnitur-furnitur utama atau furnitur yang menarik sebagian besar perhatian memiliki warna yang solid atau pola yang halus.

3. Gunakan pola secara terpisah diarea kecil.

Hindari untuk meletakkan furnitur-furnitur berpola dibeberapa tempat, karena hanya akan membuat ruangan terlihat ramai dan semakin sempit. Anda dapat menggunakan furnitur berpola seperti bantal, keset, karpet, atau kertas dinding. Yang perlu Anda ingat, pilih pola yang sederhana dan berukuran kecil, misalnya floral print yang berukuran kecil, bukannya pola dengan bunga-bunga besar yang dramatis.

4. Gantung cermin dengan ukuran bebas ditembok.

Cermin bisa menjadi langkah paling mudah untuk menciptakan tampilan kamar atau ruangan jadi lebih besar dengan penempatan yang tepat.

5. Mengkombinasikan warna dinding.

Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang padu atau Anda dapat mengkombinasikan 2 warna untuk menghasilkan cat yang berbeda. Jika Anda ingin memasang wallpaper dinding, pilih warna yang solid atau yang memillki pola halus dan sederhana.

6. Pilih padanan warna dinding.

Gunakan warna-warna cool seperti biru, violet atau hijau pada dinding ruangan untuk memberi efek ruangan yang lebih besar. Namun, jika menginginkan warna-warna hangat, Anda dapat mengecat dinding dengan warna netral. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna putih dengan sentuhan warna biru atau warna cream dengan sentuhan warna hijau.

7. Pastikan memajang furnitur-furnitur agar terorganisir secara rapi.

Simpan barang-barang kecil yang tidak diperlukan didalam laci atau rak agar tidak berceceran dan agar ruangan terlihat lebih lapang serta luas.

8. Berpikir vertikal.

Artinya Anda bisa menggunakan furnitur-furnitur yang tinggi seperti rak buku atau lemari untuk memberi efek langit-langit yang tinggi. Tempatkan pula aksen dekoratif diatas furnitur-furnitur yang tinggi, seperti warna hijau yang berfungsi menarik pandangan mata keatas. Selain itu, Anda bisa meletakkan tirai panjang dari langit-langit untuk sampai ke lantai.

Demikianlah tips untuk mendekorasi ruangan dengan luasan yang terbatas, semoga bisa menjadi manfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *